03.08.2019 (terbitkan)



Media sosial diramaikan postingan tentang seorang nenek pemulung yang memberikan sumbangan Rp 10 juta untuk kurban pada Idul Adha tahun ini.

Nenek berusia 60 tahun itu diketahui bernama Sahnun.

Tak ayal, aksi nenek pemulung itu membuat publik kaget sekaligus terharu.

Dikutip dari akun Youtube Indosiar dalam acara Fokus yang dirilis pada 1 Agustus 2019, nenek Sahnun menyerahkan uang yang dikumpulkan selama ini kepada petugas masjid.

Uang yang diserahkan nenek Sahnun senilai 10 juta rupiah dapat dibelikan seekor sapi berukuran sedang.

Selama 5 tahun, nenek Sahnun menabung uang yang diperolehnya setiap hari ke orang terdekatnya hingga terkumpul 10 juta rupiah.


Penghasilan nenek Sahnun sendiri setiap hari sekitar 20.000 hingga 50.000 rupiah.

Tindakannya tersebut membuat tokoh masyarakat Mataram HM Najamudin terharu. Nenek Sahnun sendiri memang kerap mengikuti pengajian di masjid tersebut.

Kini nenek Sahnun telah membeli sapi di lingkungannya Majeluk Mataram yang nantinya akan dibawa pada saat Hari Raya Idul Adha.

Dikutip dari Tribun Mataram (2/8/2019), nenek Sahnun memberikan uang senilai Rp 10 juta untuk Idul Adha tahun ini.

Padahal, nenek Sahnun bukanlah orang berduit. Aktivitasnya sehari-hari mengumpulkan sampah untuk dijual.

Nenek Sahnun yang berasal dari Narmada, Lombok Barat, tinggal di Mataram seorang diri. Ia pun tak memiliki rumah di sana.

Nenek Sahnun menumpang tidur di sebuah kios di samping barat Mal Mataram, NTB.

Seorang warga merasa kasihan terhadap nenek Sahnun kemudian memberikan tumpangan tempat tidur kepadanya di kios tersebut.

Sebelumnya, nenek Sahnun sempat tinggal di kuburan umat Hindu. Jika sudah pagi, nenek Sahnun langsung menggulung tikar alas tidur dan bergegas mencari sampah. Sementara pemilik kios sudah mulai berjualan nasi di kios tersebut.

Setiap hari, nenek Sahnun memasukkan sampah ke karung-karung yang dibawanya.

Penampilan nenek Sahnun terlihat lusuh dan kotor. Namun, hati nenek Sahnun sangatlah berbanding terbalik dengan penampilannya.

Hukum Kurban

Hukum kurban dalam Islam adalah wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut.

Ingin berkurban tahun ini tetapi belum bisa dan ingin tahu cara mudah agar bisa berkurban? Simak penjelasannya berikut:

Dilansir dari kompas.com, ingin berencana kurban di hari raya Idul Adha yang perlu dipersiapkan selain dana untuk pembelian kurban juga lakukan:

1. Survei harga hewan

Survei harga untuk kambing, domba, sapi sampai kerbau untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.

Tahun 2017 di kawasan Jabodetabek, untuk harga hewan kurban jenis kambing berkisar Rp3,5 juta untuk ukuran yang cukup besar.

Untuk harga sapi, harganya di atas Rp20 juta per ekor.

Bahkan untuk sapi yang cukup besar, harganya bisa di atas Rp30 juta per ekor.

Survei juga dilakukan untuk mengetahui hewan yang akan dikurbankan harus terbebas dari segala cacat yang terlihat oleh mata.

2. Cek budget yang dimiliki

Sesuaikan pilihan hewan kurban dengan kemampuan kantong sehingga niat beribadah kurban tahun ini bisa berjalan baik.

Membeli hewan kurban pada dasarnya adalah bagian dari pengeluaran tahunan.

Jadi, bila jauh-jauh hari sudah dipersiapkan dananya dari pendapatan tahunan, membeli hewan kurban seharusnya bukan masalah yang berat.

Tetapi, bagaimana bila sampai saat ini belum memiliki persiapan?

Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian penghasilan khusus untuk membeli hewan kurban dengan menghemat beberapa pos pengeluaran lain.

Misalnya, bisa mengurangi pos pengeluaran untuk kebutuhan gaya hidup seperti pos belanja, pos hangout atau nongkrong di akhir pekan, dan sebagainya.

Bisa juga dengan mencairkan emas atau menjual salah satu aset yang tidak digunakan untuk berkurban.

3. Memilih cara berkurban, sendiri atau patungan?

Cara mudah agar tetap bisa berkurban adalah dengan memilih ikut kurban patungan.

Namun, kurban patungan hanya bisa untuk kurban sapi.

Sesuai aturan, dapat dibeli secara patungan sebanyak 7 orang.

Katakanlah dengan harga sapi sekitar Rp 25 juta, maka dengan cara patungan, yang perlu disiapkan adalah dana sekitar Rp 3,5 juta per orang.

Bila ingin tetap melakukan kurban sendiri, bisa dengan mengikuti program kurban Idul Adha yang banyak diselenggarakan lembaga zakat.

Banyak penawaran kurban yang bisa diikuti dengan biaya mulai Rp2,3 juta untuk kurban kambing.

Keuntungan mengikuti kurban bersama lembaga zakat adalah tidak perlu keluar waktu dan tenaga untuk mencari hewan kurban.

Cukup dengan mengirim sejumlah uang kepada lembaga zakat tersebut, sudah ikut berkurban.

IDR POKER TERBARU


BANDARQ | ADU Q | POKER | BANDAR POKER | DOMINO 99 | CAPSA SUSUN | BANDAR66 | SANGKON ONLINE |TERBAIK DAN TERPERCAYA | JOIN NOW

Situs BandarQ & domino99 Online Terbaik & terpercaya di Indonesia. IDR POKER  memberikan pelayanan 24 jam Deposit & Withdraw cepat dan aman dengan minimal deposit hanya Rp.15.000 tersedia deposit via PULSA dan OVO. Kami hadir untuk para pencinta Agen BandarQ dan Agen Domino uang asli dengan bonus jackpot serta berbagai promo menarik.
menggunakan sistem enkripsi server yang tinggi sehingga menjamin keamanan data member. Segera bergabung bersama kami IDR POKER. Domino 99 dan AduQ Online


INFO IDR POKER ONLINE (KLIK DI SINI)